Everything you need for your creative project

Find your inspiration here!

This is my blog!!

Apa Itu Desktop Environment

Desktop Environment (DE) dalam aplikasinya berfungsi sebagai sistem yang akan memproses interaksi user secara grafis dengan masukkan baik melalui keyboard ataupun mouse. Selain bertugas mengendalikan interaksi-interaksi dengan user, DE juga memiliki banyak fitur lainnya yang terbagi-bagi ke dalam komponen-komponen tersendiri.




GNOME (GNU Network Object Model Environment)
GNOME yang merupakan salah satu Desktop Environment. GNOME akronim dari GNU Network Object Model Environment adalah suatu lingkungan dekstop dan antarmuka grafis pengguna yang berjalan di atas operasi system , proyek ini di umumkan pada bulan Agustus 1997 dan 2 tahun sesudah itu GNOME meriliskan program nya pada bulan Maret 1999 .
GNOME tidak saja merupakan sebuah window manager, tetapi system desktop yang interoperable antar komputer dan platform. Kemampuan ini diperoleh karena GNOME menggunakan Common Object Resource Broker Architecture (CORBA). GNOME lebih diterima di dunia Open Source karena GNOME dibuat dengan Gtk+ toolkit yang gratis dan Open Source berdasarkan GNU License. Dan juga program antar muka ini lebih mementingkan penghematan daya  memory sehingga lebih ringan dibangdingkan program antar muka lainya namun program ini tidak lupa dengan kepentingan antar muka dekstop agar dapat lebih menarik dan stabil. Berikut ini kelebihan dari program GNOME tersebut  yaitu :
  • Free. GNOME adalah proyek pertama yang menyediakan lingkungan kerja grafikal berbasiskan sepenuhnya kepada free software. 
  • User friendly. Setiap saat, GNOME selalu diusahakan agar tetap mudah dipakai, oleh pemula sekalipun. GNOME Usability Project bertujuan untuk meningkatkan tingkat kemudahan pemakaian GNOME.
  • Cutting edge. GNOME selalu menggunakan teknologi-teknologi terkini. Sebut saja CORBA untuk network transparency, penggunaan XML, dan semuanya diimplementasikan dengan menggunakan bahasa C untuk kecepatan dan portabilitas.
  • Developer friendly. Tidak hanya cukup dengan kemudahan pemakaian, GNOME juga datang dengan lingkungan pemrograman yang intuitif.
  • International. Para developer GNOME tersebar secara meluas ke seluruh dunia. Anda pun bisa ikut berkontribusi. Dengan fitur  GNOME yang baru, Anda bisa bekerja dengan jenis bahasa populer apapun, lengkap dengan dokumentasi.
  • Accessible. Bagi yang tidak mampu untuk menggunakan fitur standar GNOME, sebuah proyek dengan nama GNOME Accessibility Project aktif dikembangkan untuk mendukung pemakaian GNOME oleh siapa saja.
GNOME juga menambahkan beberapa komponen- komponen utamanya seperti :
  • GNOME desktop sebagai lingkungan kerja grafikal yang mudah digunakan. 
  • GNOME development platform dengan kumpulan tool, pustaka, dan komponen untuk membangun aplikasi di Unix.
  • GNOME Office dengan sekumpulan aplikasi produktif untuk perkantoran.
Dan banyak juga fitur-fitur menarik yang di dapati pada program GNOME ini yang dapat kamu kunjugin pada situs resminya gnome.org
GNOME terakhir merilis pada bulan September 2011  Dengan nama GNOME 3.04 dengan tempilan begitu responsive dan juga beberapa fitur –fitur terbaru lainnya sehingga tampak lebih stabil dari versi sebelumnya.
sumber: http://www.notepedia.info/2013/12/apa-itu-gnome-dan-kde.html

Berikut ini merupakan daftar beberapa komponen DE yang dimiliki:
- Window manager, aplikasi DE yang bertugas untuk mengelola interaksi terhadap window.

Window manager ditunjukan dengan adanya tombol close , minimize , dan maximize pada titlebar. Contoh lain adalah apabila kita menekan tombol alt + tab, maka akan muncul tampilan untuk memidahkan aplikasi yang kita buka  ke aplikasi lain yang dibuka.


- Display manager, aplikasi untuk mengelola resolusi layar, dan dukungan multimonitor.

Display manager ditunjukan dengan adanya pengaturan untuk merubah resolusi monitor, biasanya di setting.


- Taskbar, komponen untuk menampilkan daftar aplikasi yang sedang digunakan oleh user.
 *Atas Menubar
*Bawah Taskbar


- Konfigurasi DE, untuk menampilkan semua konfigurasi yang ada pada DE. Taskbar ditunjukan dengan adanya icon sebuah aplikasi yang menyala atau timbul.



- Aplikasi pendukung lainnya seperti file manager, text editor, image viewer, audio player, video player dan lainnya.

Libre Office => Pengolah Kata


Gedit => Text Editor


GIMP => Image Viewer






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Templatezy

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.